dc.description.abstract | Pendidikan merupakan kebutuhan utama bagi manusia
secara umum. Semua warga negara Indonesia berhak mendapat
pendidikan tanpa terkecuali untuk anak berkelainan. Hal
ini dibuktikan dengan adanya program pendidikan khusus.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan
implementasi Kurikulum 2013 pada tunagrahita di SLB
Negeri 033 Tembilahan. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan informan kunci dan informan utama. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode observasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisa
data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian analisis kurikulum 2013
pada anak tunagrahita di dapatkan hasil bahwa perencanaan
dalam kurikulum 2013 berjalan sesuai dengan peraturan dan
sesuai rencana yang direncanakan oleh pihak sekolah,
pengorganisasian tidak berdasarkan dari pengalaman, latar
belakang pendidikan namun sesuai dengan minat bakat dari
masing-masing pelaksana tugas, pelaksanaan proses
pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 namun materi
yang disampaikan lebih disederhanakan untuk anak
tunagrahita, pelaksanaan mencakup kegiatan pendahuluan,
inti dan penutup, dan bahwa kepala sekolah sebagai
supervisor menjalankan tugas dengan baik, guru-guru dan
pihak terkait lainnya juga melaksanakan pengawasan dalam
pelaksanaan kurikulum yang ada di SLB N 033 Tembilahan
demi kemajuan pendidikan di masa yang akan datang. | id_ID |