dc.description.abstract | Kemampuan kognitif anak kelas V masih kurang
meningkat, hal ini terlihat dari beberapa anak yang
kurang dalam memahami dan mengingat pembelajaran,pada
saat guru memberikan pertanyaan beberapa siswa tidak
dapat menjawab pertanyaan dari guru, beberapa siswa
cenderung tidak dapat menyebutkan kembali apa saja yang
telah dijelaskan guru.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
penggunaan media tebak gambar dalam meningkatkan
kemampuan kognitif pada kelas V SDN 008 Simpang Gaung
Kecamatan Gaung.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian
kuantitatif eksperimen, subjek dalam penelitian ini
yaitu siswa/siswi kelas V SDN 008 Simpang Gaung
Kecamatan Gaung. Data dalam penelitian ini dikumpulkan
menggunakan teknik pengumpulan data observasi,tes dan
dokumentasi.
Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil
dari perhitungan Uji t = 11,287. Dengan taraf 𝛼 = 0,1
didapat tabel t pada dk 42 diperoleh nilai ttabel=1,302.
Dengan demikian berdasarkan perhitungan thitung
(11,287>1,302)Ha diterima dan H0 ditolak. Maka terdapat
perbedaan kemampuan kognitif pada pembelajaran tematik
menggunakan media tebak gambar antara kelas eksperimen
dan kelas kontrol di SDN 008 Simpang Gaung kecamatan
Gaung.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media tebak
gambar dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada
pembelajaran tematik kelas V Sekolah Dasar Negeri 008
Simpang Gaung Kecamatan Gaung, karena dengan
menggunakan gambar siswa mudah untuk mengingat dan
memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru. | id_ID |