Hubungan Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak di Lingkungan RT.001 RW.005 Kelurahan Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan
Abstract
Kontribusi pola asuh orang tua adalah sumbangan
orang tua dalam memimpin, mengasuh dan membimbing anak
dalam keluarga. Mengasuh dalam arti menjaga dengan cara
merawat dan mendidiknya. Sedangkan prestasi belajar
adalah apa yang dapat diciptakan,hasil pekerjaan,hasil.
jenis-jenis pola yaitu pola asuh otoritatif,
otiriter,permisif,dan demokratis.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Adakah
terdapat hubungan kontribusi pola asuh orang tua
terhadap prestasi belajar anak dilingkungan RT.001 RW
005 Kelurahan Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan.
Sedangkan tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan
kontribusi pola asuh orang tua terhadap prestasi
belajar anak dilingkungan RT.001 RW 005 Kelurahan
Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan.
Subjek penelitian orang tua dan anak yang
bersekolah tingkat SLTP dan SLTA di Lingkungan RT.001
RW.005 Kelurahan Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan.
Sedangkan objek penelitian adalah hubungan kontribusi
pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar anak
dilingkungan RT 001 RW 005 Kelurahan Sungai Beringin
Kecamatan Tembilahan. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket dan dokumentasi. Dianalisis dengan
menggunakan teknik Persamaan regresi linier sederhana
dirumuskan : y=a+b X.
Berdasarkan penghitungan peneliti menemukan bahwa
terdapat hubungan kontribusi pola asuh orang tua
terhadap prestasi belajar anak di Lingkungan RT 001 RW
005 Kelurahan Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan
karena Fhitung > Ftabel atau -9,82 > 1,708 maka Ho
ditolak dan Ha diditerima artinya ada hubungan yang
signifikan antara hubungan kontribusi pola asuh orang
tua terhadap prestasi belajar anak dilingkungan RT 001
RW 005 Kelurahan Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan.