Strategi Pemasaran Jual Beli Pakaian di Pasar Tradisional Desa Sanglar Kecamatan Reteh Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam
Abstract
Para pedagang pasar tradisional desa sanglar menggunakan strategi
pemasaran hanya berdasarkan ketentuan dari pedagang pada umumnya dan
tidak menggunakan strategi khusus dalam memasarkan pakaian. Para peagang
hanya mengutamakan sikap ramah terhadap pembeli. sealain itu, menawarkan
dengan harga yang tinggi kemudian memberi potongan harga dengan tawar
menawar yang dikhawatirkan dapat menimbulkan penyimpangan strategi
pemasaran yang dilarang dalam syariat islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran jual beli
pakaian di pasar tradisional desa sanglar kecamatan reteh Ditinjau dalam
perspektif ekonomi islam. Dalam peneliti yang menjadi subjek peneliti adalah
Pedagang Pakaian Di Pasar Tradisional Desa Sanglar. Sedangkan objek
adalah strategi pemasaran Jual Beli Pakaian Di Pasar Tradisional Desa
Sanglar Kecamatan Reteh Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan menggunakan metode
pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Strategi pemasaran
yang dilakukan oleh pedagang pakaian dipasar telah menerapkan sistem
sesuai dengan ajaran agama islam terlihat dari hasil kebenarannya yang
mereka lakukan untuk menarik perhatian dan meyakinkan konsumen dengan
kualitas produk dan jujur dengan apa yang disampaikan kepada konsumen
terhadap barang yang dijual. Konsumen lebih percaya dengan adanya kualitas
produk yang dijual oleh pedagang yang sesuai dengan harga yang ditawarkan
ke konsumen. Terlihat dari keberanian pedagang mempertanggung jawabkan
ucapan mereka kepada konsumen. Para pedagang tentunya berani menyikapi
kegagalan dari bisnis yang dilakukan dengan berbagai cara tentunya
diantaranya menyikapi dengan sabar, bangkit dari kegagalan, mencoba terus
menerus mempertahankan apa yang dijalankan sekarang dan tentunya belajar
dari kesalahan dan kekurangan.