Show simple item record

dc.contributor.advisorSai'in, Sai'in
dc.contributor.authorRusidah, Rusidah
dc.date.accessioned2020-11-20T03:50:00Z
dc.date.available2020-11-20T03:50:00Z
dc.date.issued2020-11-20
dc.identifier.urihttps://repository.stai-tbh.ac.id/handle/123456789/11
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi karena masih terdapat beberapa pelaku bisnis yang mengabaikan etika dalam menjalankan bisnisnya. Perilaku pedagang sembako yang menyimpang di pasar Kamis antara lain: perbedaan harga yang ditawarkan kepada konsumen, terlalu tingginya harga yang ditawarkan bila dibandingkan dengan pedagang lain, dan ada beberapa pedagang tidak bersikap ramah atau murah hati dengan ditandai pelayanan dengan raut wajah kurang bersahabat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap kepuasaan konsumen secara regresi linear sederhana, parsial, dan koefisien determinasi pada pedagang sembako di pasar Kamis. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah konsumen yang membeli barang-barang sembako, sedangkan objek penelitiannya adalah pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu metode survei. Menggunakan metode penelitian kuantitatif karena hasil data yang didapat merupakan kumpulan daripada angka-angka. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dan hipotesis melalui uji parsial dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 24.0. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 3 bulan, dimulai pada tanggal 02 Januari 2020 sampai dengan tanggal 09 April 2020. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, diketahui bahwa penerapan etika bisnis Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana melalui analisa data, diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel (7,41 ≥ 4,16 ), maka terima Ha dan tolak H0. Hasil uji parsial (uji t) diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,929 > 2,039) dengan tingkat signifikansinya (0,000 < 0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel penerapan etika bisnis Islam memberikan sumbangan efektif 37,7% terhadap kepuasan konsumen, dan sisanya 62,3% yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherSTAI Auliaurrasyidin Tembilahanid_ID
dc.relation.ispartofseriesRusidah Skripsi;1209.16.07983
dc.subjectResearch Subject Categories::SOCIAL SCIENCES::Business and economics::Economicsid_ID
dc.titlePengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pedagang Sembako Di Desa Sungai Junjangan Kecamatan Batang Tuakaid_ID
dc.typeThesisid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record