Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pedagang Sembako Di Desa Sungai Junjangan Kecamatan Batang Tuaka
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih terdapat beberapa pelaku bisnis yang
mengabaikan etika dalam menjalankan bisnisnya. Perilaku pedagang sembako
yang menyimpang di pasar Kamis antara lain: perbedaan harga yang ditawarkan
kepada konsumen, terlalu tingginya harga yang ditawarkan bila dibandingkan
dengan pedagang lain, dan ada beberapa pedagang tidak bersikap ramah atau
murah hati dengan ditandai pelayanan dengan raut wajah kurang bersahabat.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan etika bisnis Islam
terhadap kepuasaan konsumen secara regresi linear sederhana, parsial, dan
koefisien determinasi pada pedagang sembako di pasar Kamis. Dalam penelitian
ini yang menjadi subjek penelitian adalah konsumen yang membeli barang-barang
sembako, sedangkan objek penelitiannya adalah pengaruh penerapan etika bisnis
Islam terhadap kepuasan konsumen.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif
yaitu metode survei. Menggunakan metode penelitian kuantitatif karena hasil data
yang didapat merupakan kumpulan daripada angka-angka. Teknik analisis data
dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dan hipotesis
melalui uji parsial dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan program
SPSS 24.0. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 3 bulan, dimulai pada
tanggal 02 Januari 2020 sampai dengan tanggal 09 April 2020.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, diketahui bahwa
penerapan etika bisnis Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
konsumen. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan
rumus regresi linear sederhana melalui analisa data, diperoleh Fhitung lebih besar
dari Ftabel (7,41 ≥ 4,16 ), maka terima Ha dan tolak H0. Hasil uji parsial (uji t)
diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,929 > 2,039) dengan tingkat
signifikansinya (0,000 < 0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan
hasil uji koefisien determinasi (R2) pengaruh yang diberikan oleh kombinasi
variabel penerapan etika bisnis Islam memberikan sumbangan efektif 37,7%
terhadap kepuasan konsumen, dan sisanya 62,3% yang dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.