Motivasi Belajar Membaca Al-Qur'an Siswa di Sekolah Dasar Negeri 015 Tembilahan Hulu
Abstract
Motivasi belajar membaca Al-Qur’an adalah daya
penggerak yang timbul baik dari luar maupun dari dalam
diri seseorang atau siswa yang mendorong untuk
melakukan aktivitas ibadah mulia yang pahalanya dilipat
gandakan oleh Allah apabila membacanya dengan
bersungguh-sungguh serta memagang peranan yang penting
dalam memberi gairah, semangat dan rasa senang dalam
belajar membaca Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui motivasi belajar membaca Al-Qur’an
siswa di Sekolah Dasar Negeri 015 Tembilahan Hulu,
indikator motivasi belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas IV berjumlah 13 orang dan siswa kelas V berjumlah
28 orang di Sekolah Dasar Negeri 015 Tembilahan Hulu.
Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan teknik angket, wawancara dan dokumentasi.
Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa dengan
menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian menujukan bahwa : siswa kelas IV
dan V di Sekolah Dasar Negeri 015 Tembilahan Hulu
sangat baik dalam belajar membaca Al-Qur’an. Semua
kegiatan belajar membaca Al-Qur’an dilaksanakan, namun
belum maksimal atau sempurna. Indikator dari motivasi
belajar itu diambil dari konsep operasional.