• Login
    View Item 
    •   Repository STAI Auliaurrasyidin
    • Skripsi
    • Skripsi - Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah
    • View Item
    •   Repository STAI Auliaurrasyidin
    • Skripsi
    • Skripsi - Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Afektif Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas Tinggi MI Nahdlatul Ulama II Tembilahan

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Desma Yunita (1.651Mb)
    Date
    2021-10-14
    Author
    Yunita, Desma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode pembelajaran adalah suatu proses sistematis dan teratur yang dilakukan oleh pendidik dalam menyampaikan materi kepada muridnya. Dengan cara ini diharapkan tujuan dari kegiatan belajar mengajar dapat tercapai dengan baik. Kenyataan yang ada dilapangan adalah banyak guru yang tidak mampu menerapkan metode yang kreatif sehingga membuat peserta didik tidak tertarik dalam mengikuti pembelajaran karena proses pembelajaran terkesan membosankan. terlihat bahwa siswa tidak mampu menjelaskan kembali materi yang telah diberikan oleh guru jika disajikan dalam bentuk kata kunci. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI NU II Tembilahan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Dengan jumlah 15 orang siswa dan 1 orang guru kelas III, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Adapun teknik analisa data adalah berupa penilaian tes hasil belajar kognitif, analisis aktivitas guru dan siswa serta analisis hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas III MI Nahdlatul Ulama II Tembilahan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan persentase aktivitas guru siklus 1 dan 2 adalah 50%, sedangkan aktivitas siswa siklus 1 32% dan siklus 2 79%, untuk perbandingan peningkatan hasil belajar siswa pra siklus 73%, siklus 1 79% dan siklus 2 84%.
    URI
    https://repository.stai-tbh.ac.id/handle/123456789/136
    Collections
    • Skripsi - Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah [112]

    Copyright © Perpustakaan STAI Auliaurrasyidin
    All right reserved
    Contact Us | Send Feedback
    STAI Auliaurrasyidin
    Scientific Repository
    Website STAI Auliaurrasyidin
     

     

    Browse

    Scientific RepositoryAll CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright © Perpustakaan STAI Auliaurrasyidin
    All right reserved
    Contact Us | Send Feedback
    STAI Auliaurrasyidin
    Scientific Repository
    Website STAI Auliaurrasyidin