Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Afektif Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas Tinggi MI Nahdlatul Ulama II Tembilahan
Abstract
Metode pembelajaran adalah suatu proses sistematis
dan teratur yang dilakukan oleh pendidik dalam
menyampaikan materi kepada muridnya. Dengan cara ini
diharapkan tujuan dari kegiatan belajar mengajar dapat
tercapai dengan baik. Kenyataan yang ada dilapangan
adalah banyak guru yang tidak mampu menerapkan metode
yang kreatif sehingga membuat peserta didik tidak
tertarik dalam mengikuti pembelajaran karena proses
pembelajaran terkesan membosankan. terlihat bahwa siswa
tidak mampu menjelaskan kembali materi yang telah
diberikan oleh guru jika disajikan dalam bentuk kata
kunci.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan
metode pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia kelas III MI NU II Tembilahan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
tindakan kelas. Dengan jumlah 15 orang siswa dan 1
orang guru kelas III, dengan teknik pengumpulan data
berupa observasi, tes, dokumentasi dan catatan
lapangan. Adapun teknik analisa data adalah berupa
penilaian tes hasil belajar kognitif, analisis
aktivitas guru dan siswa serta analisis hasil belajar
siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan
metode Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas guru,
aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas III MI
Nahdlatul Ulama II Tembilahan pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia. Dengan persentase aktivitas guru
siklus 1 dan 2 adalah 50%, sedangkan aktivitas siswa
siklus 1 32% dan siklus 2 79%, untuk perbandingan
peningkatan hasil belajar siswa pra siklus 73%, siklus
1 79% dan siklus 2 84%.