Studi Analisi terhadap Iklim Belajar Sekolah Dasar Negeri 006 Kuala Lahang Kecamatan Gaung
Abstract
Proses belajar mengajar tentu saja iklim Belajar yang
harus diperhatikan terlebih dahulu sehingga proses belajar
mengajar berlangsung dengan aman, nyaman dan menyenangkan.
Iklim Belajar yang diciptakan oleh guru dan siswa juga
berbeda-beda dari setiap kelasnya, ada yang gaduh, ada yang
biasa saja, ada yang berkelahi dan lain sebagainya. Namun
pada kenyataannya masih ada sebagian besar guru yang belum
mampu untuk mengendalikan kelasnya supaya peserta didik
dapat belajar dengan nyaman. Sebaliknya kelas tersebut
menjadi tidak terkendali sehingga dapat menimbulkan kondisi
belajar yang tidak nyaman.
Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk
mengetahui iklim Belajar Sekolah Dasar Negeri 006 Kuala
Lahang Kecamatan Gaung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif,
populasi dalam penelitian ini berjumlah 6 orang guru. Data
dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik
observasi dan wawancara, selanjutnya data yang terkumpul di
analisa menggunakan rumus persentase.
Hasil analisa data observasi dan wawancara dapat
disimpulkan sebagai berikut: hasil observasi mencapai angka
55,5%. Sedangkan hasil wawancara yang baiknya adalah
pembelajaran didalam kelas tenang, jauh dari kata kegaduhan,
adanya hubungan yang akrab, siswa ikut merawat membersihkan
ruangan kelas. Dan yang kurang baiknya adalah siswa masih
saja keluar masuk pada saat pembelajaran berlangsung,
kurangnya pertanyaan yang diajukan oleh siswa, siswa masih
terlambat masuk kedalam kelas.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan
studi analisis terhadap iklim belajar sekolah dasar negeri
006 kuala lahang kecamatan gaung dikategorikan cukup baik,
karena angka 55,5% terletak pada interval 41%-60%.