Keterampilan Guru Kelas dalam Mengelola Kelas Di Sekolah Dasar Negeri 018 Tanjung Baru Kecamatan Tanah Merah
Abstract
Guru kelas mempunyai tugas seperti, tanggung
jawab, wewenang, dan hak secara penuh dalam proses
pembelajaran diantaranya guru kelas juga berperan
penting dalam pengelolaan kelas. Pengelolaan kelas
merupakan sebuah upaya real untuk mewujudkan proses
pembelajaran yang efektif. Dengan pengelolaan yang baik
diharapkan dapat mendukung tercapainya tujuan
pembelajaran dan memberikan pengaruh yang positif agar
memberikan dorongan dan rangsangan terhadap peserta
didik dalam proses belajar sehingga diperlukan
pengelolaan kelas yang sebaik-baiknya.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah
bagaimana keterampilan guru kelas dalam pengelolaan
kelas dengan tujuan pengelolaan kelas dilakukan agar
peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan baik,
terciptanya suasan yang aman dan damai sehingga tujuan
pembelajaran dapat terselesaikan dan dipahami oleh
peserta didik.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi
adalah guru kelas yang berjumlah 6 orang guru kelas
dengan teknik pengumpulan data observasi dan
wawancara.Teknik analisis data menggunakan rumus
persentase.
Hasil analisa data yang dikumpulkan pada
observasi dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru
kelas dalam pengelolaan kelas di Sekolah Negeri 018
Tanjung Baru, mencapai angka 53,05 % dikategorikan
cukup baik karena 53,05% terletak pada interval 41%-60%
maka keterampilan guru kelas dalam pengelolaan kelas di
sekolah dasar Negeri 018 Tanjung Baru cukup baik dalam
pengelolaan kelas.