Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Novel “Negeri 5 Menara” Karya Ahmad Fuadi
Abstract
Penelitian ini membahas nilai-nilai Pendidikan
Agama Islam pada novel negeri 5 menara karya Ahmad
Fuadi, serta relevansinya terhadap materi pembelajaran
PAI dan Budi Pekerti di SMA Karya Praja Seberang
Tembilahan.
Tujuan yang ingin dicapai penelitian ini adalah
untuk mengidentifikasi Nilai-nilai Pendidikan Agama
Islam yang terkandung pada Novel Negeri 5 Menara karya
Ahmad Fuadi dan relevansinya dalam materi pembelajaran
PAI dan Budi Pekerti di SMA Karya Praja Seberang
Tembilahan.
Jenis penelitian ini adalah data kepustakaan.
Objek penelitian ini karya sastra yang berjenis novel.
Penelitian difokuskan pada permasalahan yang berkaitan
dengan nilai-nilai Pendidikan agama Islam yang
terkandung dalam novel negeri 5 menara, untuk kemudian
disesuaikan dengan nilai-nilai Pendidikan agama Islam
yang bersumber pada Al-Qur’an, Al-Hadits, dan UUD 1945.
Data dianalisis menggunakan Teknik deskripsi
kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan
atau keajegan, pengecekan sejawat dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat nilai
Pendidikan agama Islam yakni: nilai Pendidikan akidah,
Syariah, dan akhlak serta Terdapat relevansi antara
nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam novel negeri 5
menara karya Ahmad Fuadi dengan materi Pendidikan Agama
Islam dan budi pekerti di SMA Karya Praja Seberang
Tembilahan.
1) nilai Pendidikan tauhid yang terkandung dalam
novel negeri 5 menara mencakup nilai mengEsakan Allah.
2) nilai Pendidikan syari’ah atau ibadah meliputi:
menuntut ilmu, membaca Al-Qur’an, menghapal Al-Qur’an.
3) nilai akhlak meliputi: Amar ma’ruf nahi munkar,
jujur, ikhtiar, syukur, tawakal, persaudaraan, taat
kepada orang tua, husnudhzan, tolong-menolong, optimis
dan kerja keras. Semua data yang ditemukan pada novel
negeri 5 menara dengan relevansinya terhadap materi PAI
dan budi pekerti di SMA Karya Praja Seberang Tembilahan
berjumlah 15 data.