Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Oleh Guru Fiqih Di Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Sungai Salak Kecamatan Tempuling
Abstract
Evaluasi adalah kegiatan dalam proses belajar
mengajar yang eksistensinya tidak dapat dipisahkan dari
kebulatan proses belajar mengajar. Evaluasi juga
merupakan alat penilaian bagi guru untuk mengetahui
kebrhasilan pencapaian tujuan setelah proses belajar
mengajar berlangsung.
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah,
bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran dan apa
faktor-faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan Evaluasi
Pembelajaran Oleh Guru Fiqih Di Madrasah Aliyah Nurul
Hidayah Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Manfaat
penelitian ini adalah untuk melatih daya nalar dan
mengembangkan wawasan penulis tentang karya ilmiah,
untuk menambah wawasan penulis tentang pentingnya
pelaksanaan evaluasi pembelajaran untuk melangkapi
persyaratan dalam menyelesaikan studi akhir di STAI
Auliaurrasyidin Tembilahan dan untuk menambah informasi
dunia pendidikan khususnya pada para guru agar bisa
melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan baik.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru Fiqih.
Objek dalam penelitian ini adalah Pelaksanaan Evaluasi
Pembelajaran Oleh guru Fiqih di Madrasah Aliyah Nurul
Hidayah Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Populasi
berjumlah 1 orang. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisa data adalah deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan
Evaluasi Pembelajaran Oleh Guru Fiqih di Madrasah
Aliyah Nurul Hidayah Sungai Salak Kecamatan Tempuling,
tergolong “sangat baik”hal inididapat dari hasil angket
dengan jumlah 85,18% karena terdapat pada interval 81%-
100%. Adapunfaktor yang mempengaruhiPelaksanaan
Evaluasi Pembelajaran Oleh Guru Fiqih di Madrasah
Aliyah Nurul Hidayah Sungai Salak Kecamatan Tempuling
adalah faktor guru, siswa, fasilitas dan kurikulum.