Kreativitas Guru Kelas Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran di SD Negeri 011 Desa Idaman Kecamatan Gaung Anak Serka
Abstract
Kurangnya fasilitas yang mendukung guru dalam
membuat media pembelajaran dan guru yang lebih
cenderung menggunakan papan tulis saat pembelajaran
berlangsung menyebabkan kurang kreatifnya guru dalam
mengembangkan media pemelajaran hal inilah yang
melatarbelakangi penulis melakukan penelitian ini.
Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui
kreativitas guru kelas dalam mengembangkan media
pembelajaran dan faktor yang mempengaruhi guru kelas
tidak membuat media pembelajaran pada kelas IV di SD
Negeri 011 Desa Idaman Kecamatan Gaung Anak Serka.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru
kelas IV yang berjumlah 1 dan guru kelas V yang
berjumlah 1 orang guru kelas di SD Negeri 011 Desa
Idaman Kecamatan Gaung Anak Serka. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan
Trianggulasi.
Berdasarkan penelitian kreativitas guru kelas
dalam mengembangkan media pembelajaran di SD Negeri 011
Desa Idaman Kecamatan Gaung Anak Serka pada hasil
analisa observasi dan wawancara guru kelas menggunakan
media pembelajaran dengan bahan sederhana yang terdapat
di sekolah dan mulai belajar mengkreasikan media
pembelajaran melalui internet. Penelitian kreativitas
guru kelas dalam mengembangkan media pembelajaran
diperolah hasil guru kelas belum dapat mengembangkan
media pembelajaran secara sempurna. Hal ini dikarenakan
keterbatasan jarak dan waktu yang dimiliki guru dan
kurangnya pelatihan tentang mengkreasikan media
pembelajaran. Namun, guru kelas berusaha untuk
mengaplikasikan media pada saat pembelajaran.
Dibuktikan guru kelas menggunakan bahan-bahan sederhana
yang mudah ditemukan dan terdapat dilingkungan sekolah
untuk dijadikan media dalam pembelajaran.