Problematika Proses Pembelajaran di SDN 009 Tanjung Baru Kecamatan Tanah Merah
Abstract
Proses pembelajaran merupakan interaksi timbal balik
antara guru dan siswa yang bertujuan untuk mengembangkan
dan membentuk sebuah potensi. Dalam proses pembelajaran
tidak terlepas dari problematika yang mempengaruhi kegiatan
belajar. Hal tersebutlah yang membuat peneliti tertarik
untuk melakukan penelitian ini.Problematika yang terjadi
dalam proses pembelajaran dapat ditemukan dari aspek guru
dan siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
bagaimana kegiatan proses pembelajaran di SDN 009 Tanjung
Baru, problematika apa saja yang terdapatdalam pembelajaran
dari aspek guru dan siswa, serta cara untuk menanggulangi
problem tersebut.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriftif
kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa
dikelas 4 SDN 009 Tanjung Baru tahun ajaran 2019/2020
dengan jumlah guru 3 orang dan siswa 23 orang. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi,
Wawancara, dan dokumentasi.sedangkan analisa data
menggunakan tahap-tahap yaitu Reduksi Data, Penyajian Data,
dan Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas 4 dapat
mengelola proses pembelajaran dengan baik karna hasil
observasi mencapai angka 66,2% dan dikategorikan “Baik”,
karna persentase 66,2% terletak pada internal 61% - 80%.
meskipun begitu peneliti tetap menemukankan beberapa
problem dalam proses pembelajaran yaitu:(1) aspek guru
seperti kurangnya pengelolaan kelas yang kondusif,
kurangnya cara guru menarik perhatian siswa, sulitnya
penyesuaian pembelajaran dengan karakter siswa yg berbeda.
(2)aspek siswa seperti kurangnya minat siswa dalam belajar,
kurangnya perhatian siswa dalam belajar, IQ yang berbeda,
pengaruh siswa yang hiper aktif. (3) cara menganggulanginya
adalah guru harus mampu berkreasi dalam merencanakan
pembelajaran yang membuat proses pembelajaran dengan sangat
baik dan menyenangkan agar dapat menimbulkan minat dan
menarik perhatian siswa.