Studi Komparatif Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Antara Siswa Lulusan TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Dengan Siswa Tidak Lulusan TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Di Sekolah Dasar Negeri 011 Pekan Arba Kecamatan Tembilahan
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi
oleh masih adanya siswa yang lulusan TPQ namun memiliki
nilai harian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dan ada
juga siswa yang tidak lulusan TPQ memiliki nilai harian
di atas nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang lulusan
TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) dengan siswa tidak
lulusan TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar
Negeri 011 Pekan Arba Kecamatan Tembilahan.
Penelitian ini menggunakan jenis penilitian
kuantitatif (Studi Komparatif), pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan sampling jenuh yaitu sampel
yang mewakili jumlah populasi, biasanya dilakukan jika
populasi dianggap kecil atau kurang dari 100, sehingga
sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 40
orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya
yaitu menggunakan teknik perbandingan variabel bebas
(uji t).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil
belajar siswa yang lulusan TPQ (Taman Pendidikan Al-
Qur’an) dengan siswa tidak lulusan TPQ (Taman
Pendidikan Al-Qur’an) pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam yaitu hasil yang penulis peroleh ternyata
thitung > ttabel ( 4,1166 > 2,024 ), maka Ho ditolak dan Ha
–diterima. Maka, terdapat perbedaan hasil belajar
antara siswa lulusan TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an)
dengan siswa tidak lulusan TPQ (Taman Pendidikan Al-
Qur’an) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di
Sekolah Dasar Negeri 011 Pekan Arba Kecamatan
Tembilahan.