Studi Deskriptif Pembelajaran dalam Perspektif Komunikasi oleh Guru Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Sa’adah El-Islamiyah Tembilahan
Abstract
Dalam proses pembelajaran sering kita jumpai
kegagalan-kegagalan, hal ini karena lemahnya sistem
komunikasi efektif dalam proses pembelajaran.
Komunikasi adalah “suatu proses penyampaian pesan atau
informasi dari satu pihak kepada pihak lain agar
terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya. Untuk
itu perlu adanya komunikasi efektif dalam proses
pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini
dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana studi deskriptif
pembelajaran dalam perspektif komunikasi oleh guru mata
pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Sa’adah El-
Islamiyah Tembilahan, dan apa faktor-faktor yang
mempengaruhinya?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
studi deskriptif pembelajaran dalam perspektif
komunikasi oleh guru mata pelajaran Fiqih di Madrasah
Tsanawiyah Sa’adah El-Islamiyah Tembilahan, dan faktorfaktor
yang mempengaruhinya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 1
orang guru mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah
Sa’adah El-Islamiyah Tembilahan. Data dalam penelitian
ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang
terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus persentase
P = F
⁄N × 100%.
Hasil analisa data melalui observasi dan wawancara
dapat disimpulkan sebagai berikut: Studi deskriptif
pembelajaran dalam perspektif komunikasi oleh guru mata
pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Sa’adah El-
Islamiyah Tembilahan, mencapai angka 67,90% dan
dikategorikan baik, karena angka 67,90%, hal ini
terjadi karena; Guru telah menyampaikan tujuan
pembelajaran. Guru telah menghargai tanggapan siswa
dengan pujian. Guru telah duduk bersama siswa dalam
membimbing. Guru telah berbicara dengan bahasa verbal
yang menarik.Faktor-faktor yang mempengaruhi studi
deskriptif pembelajaran dalam perspektif komunikasi
oleh guru mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah
Sa’adah El-Islamiyah Tembilahan, adalah sebagai
berikut: Adanya motivasi belajar siswa. Adanya bantuan
kuota internet dari pemerintah. Guru selalu mau
mengulangi penjelasan verbal dengan didukung penjelasan
non verbal.