Keterampilan Guru Kelas dalam Mengadakan Variasi Mengajar di Kelas 5A SD Negeri 006 Sungai Empat Kecamatan Gaung Anak Serka
Abstract
Mengadakan variasi merupakan keterampilan yang harus dikuasai guru dalam pembelajaran, untuk mengatasi kebosanan peserta didik, agar selalu antusias, tekun dan penuh partisipasi. Variasi dalam perbelajaran adalah perubahan dalam proses kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, serta mengurangi kejenuhan dan kebosanan. Adapun rumusan masalah dalan penelitian ini adalah Bagaimanakah keterampilan guru kelas dalam mengadakan variasi belajar di kelas 5A SD Negeri 006 Sungai Empat Kecamatan Gaung Anak Serka, sedangkan. tujuan penelitian Ini adalah untuk mengetahui keterampilan guru kelas dalam mengadakan variasi belajar di kelas 5A SD Negeri 006 Sungai Empat Kecamatan Gaung Anak Serka. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas 5A. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun metode yang gunakan dalam menganalisis pada penelitlan ini adalah model Miles and Hoberman, Dimana aktivitas dalam analisa data kualitatif dllakukan socara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya Jenuh, artinya data yarg diperoleh tidak menghasilkan informasi baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru kelas dalam mengadakan variasi mengajar di kelas 5A SD Negeri 006 Sungai Empat sudah diterapan dengan baik. Guru kelas 5A telah melaksanakan semua aspek keterampilan mengadakan variasi, baik itu aspek gaya mengajar, aspek penggunaan media dan bahan ajar, maupun aspek variasi pola interaksi.