Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Parit Sibun Kecamatan Enok
Abstract
Kepala Sekolah sebagai administrator memiliki hubungan yang sangat erat dengan berbagai aktifitas pengelolaan administrasi yang besifat pencatatan, penyusunan, dan pendokumen seluruh program sekolah. Secara spesifik, kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk mengelola kurikulum, mengelola adminstrasi peserta didik, mengelola administrasi personalia, mengelola administrasi sarana dan prasarana, mengelola administrasi kearsipan, dan mengelola administrasi keuangan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai administrator di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Parit Sibun Kecamatan Enok untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peran kepala sekolah sebagai administrator di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Parit Sibun Kecamatan Enok.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Parit Sibun Kecamatan Enok.
Setelah dilakukan teknik pengumpulan data, dapat disimpulkan bahwa peran kepala sekolah memiliki peran penting sebagai administrator di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Parit Sibun Desa Jaya Bhakti Kecamatan Enok telah melakasanakan peran kepala sekolah sebagai administrator dengan baik.