Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Pelajaran Alqur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Muslimatul Ittihadziah Desa Pancur Kecamatan Keritang
Abstract
Masuknya virus corona di indonesia membawa dampak
besar terhadap kehidupan masyarakat, mulai dari
kehidupan kesehatan, ekonomi, sosial, keagamaan maupun
dunia pendidikan. Dampak virus corona dalam dunia
pendidikan bisa terlihat pada kebijakan pemerintah
pusat hingga daerah memberikan kebijakan untuk
meliburkan seluruh lembaga pendidikan dari tingkat
pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai perguruan
tinggi. Diharapkan dengan seluruh lembaga pendidikan
tidak melaksanakan aktivitas tatap muka, hal ini dapat
meminimalkannnya menyebarnya penyakit covid 19 ini.
Hal ini menuntut para pendidik untuk lebih kreatif
mengelola pembelajaran online sehingga pembelajaran
tetap berlangsung. Media daring yang digunakan dalam
penelitian ini adalah whatsapp.Tujuan dalam penelitian
ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas
pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran Al-
Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Muslimatul
Ittihadziah Desa Pancur Kecamatan Keritang.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Adapun populasi dalam penelitian
ini adalah siswa/siswi kelas IV dan V MI Muslimatul
Ittihadziah. Data dalam penelitian ini dikumpulkan
dengan menggunakan angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa
perolehan jawaban angket responden adalah 2,87 yang
termasuk dalam kriteria kurang efektif, karena terletak
pada interval 2,60 < X ≤ 3,40. Artinya efektivitas
pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran
Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Muslimatul
Ittihadziah desa Pancur masih kurang efektif. Hal
tersebut disebabkan oleh sulitnya siswa memahami materi
pembelajaran, metode belajar daring yang kurang bervareasi,
fasilitas belajar daring yang kurang memadai, dan
terkendalanya sinyal internet.