• Login
    View Item 
    •   Repository STAI Auliaurrasyidin
    • Skripsi
    • Skripsi - Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    •   Repository STAI Auliaurrasyidin
    • Skripsi
    • Skripsi - Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Pelajaran Alqur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Muslimatul Ittihadziah Desa Pancur Kecamatan Keritang

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Ari Setyowati (6.006Mb)
    Date
    2022-03-18
    Author
    Setyowati, Ari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masuknya virus corona di indonesia membawa dampak besar terhadap kehidupan masyarakat, mulai dari kehidupan kesehatan, ekonomi, sosial, keagamaan maupun dunia pendidikan. Dampak virus corona dalam dunia pendidikan bisa terlihat pada kebijakan pemerintah pusat hingga daerah memberikan kebijakan untuk meliburkan seluruh lembaga pendidikan dari tingkat pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai perguruan tinggi. Diharapkan dengan seluruh lembaga pendidikan tidak melaksanakan aktivitas tatap muka, hal ini dapat meminimalkannnya menyebarnya penyakit covid 19 ini. Hal ini menuntut para pendidik untuk lebih kreatif mengelola pembelajaran online sehingga pembelajaran tetap berlangsung. Media daring yang digunakan dalam penelitian ini adalah whatsapp.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran Al- Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Muslimatul Ittihadziah Desa Pancur Kecamatan Keritang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas IV dan V MI Muslimatul Ittihadziah. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa perolehan jawaban angket responden adalah 2,87 yang termasuk dalam kriteria kurang efektif, karena terletak pada interval 2,60 < X ≤ 3,40. Artinya efektivitas pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Muslimatul Ittihadziah desa Pancur masih kurang efektif. Hal tersebut disebabkan oleh sulitnya siswa memahami materi pembelajaran, metode belajar daring yang kurang bervareasi, fasilitas belajar daring yang kurang memadai, dan terkendalanya sinyal internet.
    URI
    https://repository.stai-tbh.ac.id/handle/123456789/200
    Collections
    • Skripsi - Pendidikan Agama Islam [178]

    Copyright © Perpustakaan STAI Auliaurrasyidin
    All right reserved
    Contact Us | Send Feedback
    STAI Auliaurrasyidin
    Scientific Repository
    Website STAI Auliaurrasyidin
     

     

    Browse

    Scientific RepositoryAll CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright © Perpustakaan STAI Auliaurrasyidin
    All right reserved
    Contact Us | Send Feedback
    STAI Auliaurrasyidin
    Scientific Repository
    Website STAI Auliaurrasyidin