Keterampilan Guru Kelas Dalam Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 014 Kelurahan Sungai Empat Kecamatan Gaung Anak Serka
Abstract
Keterampilan guru kelas dalam pembelajaran tematik masa
pandemi. Berdasarkan studi pendahuluan di SD Negeri 014
Sungai Empat ditemui beberapa permasalahan dalam proses
pembelajaran:siswa kurang antusias, peserta didik suka
mengganggu temannya, siswa kesulitan dalam belajar, guru
kurang menggunakan alat peraga dan guru kurang membimbing
siswa dalam belajar.Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan Keterampilan guru kelas dalam pembelajaran
tematik pada masa pandemi dan mengetahui Hambatan-hambatan
keterampilan guru kelasdalam pembelajaran tematik pada masa
pandemi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek
penelitian ini adalah guru kelas IV dan dua orang siswi dan
objek penelitian adalah keterampilan guru kelas dalam
pembelajaran tematik pada masa pandemi. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah
dikumpulkan dianalisa dengan mereduksi data, menyajikan data
dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
hasil observasi tergolong pada kriteria “Cukup baik” karena
jawaban berada pada 43% yaitu terletak pada interval 41%-60%.
Hal ini terlihat dari beberapa indikator yaitu guru mampu
memahami karakter peserta didik, mampu memanfaatkan teknologi
pendidikan, mampu mengevaluasi hasil belajar siswa.Hambatanhambatan
dalam keterampilan guru kelas yaitu latar belakang
pendidikan guru, kurangnya pembinaan dan pelatihan serta
sarana prasarana pendidikan.