Analisis Strategi Komunikasi Dalam Pemasaran Bisnis Kue Donat Menghadapi Persaingan Pasar
Abstract
Dunia bisnis yang semakin berkembang pesat serta timbulnya persaingan yang kuat
dalam merebut pasar membuat pemasaran bisnis saat ini saling mengembangkan
kreatifitasnya, khususnya kreatifitas dalam aktifitas komunikasi yang dilakukan,
guna menarik masyarakat terlebih yang paling utama adalah untuk mempertahankan
konsumen. bisnis kue donat ini merupakan bisnis Kue Donat yang ada di
Tembilahan. Dimana strategi yang digunakan mampu menarik minat beli konsumen
sehingga bisnis Kue Donat ini dapat bertahan di tengah persaingan pasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Komunikasi yang
dilakukan oleh para penjual kue donat dalam menghadapi persaingan pasar
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi
subjek penelitian adalah karyawan kue donat, dan yang menjadi informan dalam
penelitian ini sebanyak 5 orang. Sedangkan objek penelitiannya adalah analisis
strategi komunikasi dalam pemasaran binis kue donat menghadapi persaingan pasar.
Pengumpulan datanya dengan cara wawancara dan dokumentasi.
Berdasakan hasil penelitian ini strategi pemasaran kue donat tersebut melakukan
strategi pemasaran secara langsung dengan konsumen dan dilakukan melalui media
online, dimana dengan media online ini dapat memberikan peluang sekaligus
tantangan untuk melakukan hal-hal yang baru pada pemasaran kue donat.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran belum
sepenuhnya dijalankan oleh masyarakat karna sebagian masyarakat belum
sepenuhnya memahami mengenai promosi penjualan ini, dapat dilihat dari perbedaan
pemasaran yang dilakukan oleh para penjual kue donat yang ada di Tembilahan.