Implementasi E-Learning Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Tematik di SDN 032 Tembilahan
Abstract
Masa pandemi yang melanda pembelajaran di SDN 032
Tembilahan dialihkan menjadi pembelajaran daring (zoom)
terdapat beberapa permasalahan salah satunya siswa pada
saat pembelajaran daring berlangsung tidak dapat mengikuti
pembelajaran secara keseluruhan. hal tersebut
mengakibatkan siswa hanya memahami sebagian materi yang
diberikan guru. dengan diterapkannya e-learning sebagai
sumber belajar siswa dapat mengakses sumber belajar yang
belum dipahami kapan saja dan dimana saja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi
atau penerapan e-learning sebagai sumber belajar dan
mengetahui apa saja yang menjadi faktor dalam
mengimplementasikan e-learning sebagai sumber belajar
siswa pada pembelajaran tematik kelas V di SDN 032
tembilahan.
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif
Deskriptif, penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar
Negeri 032 Tembilahan dan dilaksanakan ± 3 bulan, subjek
penelitian ini adalah guru tematik kelas V di SDN 032
Tembilahan berjumlah 4 guru pembelajaran tematik,
sedangkan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik Observasi, Wawancara dan Dokumentasi.
Hasil observasi memperlihatkan bahwa implementasi elearning
sebagai sumber belajar memperoleh persentase
72,5%,Dapat disimpulkan bahwa penerapan e-learning sebagai
sumber belajar di SDN 032 tembilahan dikategorikan Baik,
namun hal tersebut tidak terlepas dari beberapa faktor
penghambat dalam penerapannya, yaitu: fasilitas dalam
mengakses e-learning. seperti: handphone, jaringan
internet, kouta internet dan lainnya. Hal tersebut
berakibat bagi siswa yang motivasi belajarnya rendah malas
untuk belajar menggunakan e-learning.