Hubungan Antara Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Kecerdasan Spiritual Siswa di Sekolah Dasar Negeri 015 Tembilahan Hulu
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam diarahkan
untuk meningkatkan keyakinan, pemahaman dan pengamalan
ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari yang didukung
dengan kecerdasan spiritual dalam berperilaku.
Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai
berikut: Apakah terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam
dengan kecerdasan spiritual siswa kelas tinggi di
Sekolah Dasar Negeri 015 Tembilahan Hulu?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan yang positif dan signifikan hubungan antara
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan kecerdasan
spiritual siswa kelas tinggi di Sekolah Dasar Negeri
015 Tembilahan Hulu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 43
orang siswa kelas tinggi di Sekolah Dasar Negeri 015
Tembilahan Hulu. Data dalam penelitian ini dikumpulkan
dengan menggunakan teknik angket dan dokumentasi.
Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa dengan
menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil analisis data melalui angket pada variabel X
dan variabel Y dapat disimpulkan sebagai berikut:
Terdapat hubungan yang positif antara pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dengan kecerdasan spiritual
siswa di Sekolah Dasar Negeri 015 Tembilahan Hulu, yang
ditunjukkan dengan thitung ≤ ttabel (-1,42 ≤ 1,684). Artinya
-1,42 ≤ 1,684 maka Ho diterima, angka -1,42 terletak
pada daerah penerimaan, sehingga Ho diterima dan Ha
ditolak.