Kemampuan Guru Kelas dalam Mengembangkan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 004 Teluk Pinang Kecamatan Gaung Anak Serka
Abstract
Ketersediaan bahan ajar dalam proses pembelajaran mutlak
diperlukan. Hal tersebut dalam bahan ajar terdapat informasi
tentang pembelajaran tematik. Dimana tujuan dari pengembangan
bahan ajar yaitu untuk membuat proses pembelajaran lebih
menarik dan mudah dipelajari dalam setiap kompetensi dasar
yang harus dikuasai. Untuk memaksimalkan pengembangan bahan
ajar yang kreatif dalam pembelajaran tematik maka
diperlukannya kemampuan guru secara kreatif dan inovatif untuk
mengembangkan bahan ajar.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana
kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar tematik berbasis
kurikulum 2013 di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Teluk
Pinang Kecamatan Gaung Anak Serka. Penelitian ini merupakan
jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Dimana yang menjadi
subjek dalam penelitian ini ialah guru kelas IV A, sedangkan
yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah kemampuan guru
kelas dalam mengembangkan bahan ajar tematik berbasis
kurikulum 2013. Data dalam penelitian ini di analisis dengan
menggunakan rumus presentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas IV A
Sekolah Dasar Negeri 004 Teluk Pinang Kecamatan Gaung Anak
Serka mampu mengembangkan bahan ajar tematik berbasis
kurikulum 2013, hanya saja kurang memanfaatkan bahan ajar
dalam pembelajaran. Hal ini didukung dengan bukti observasi
yang mendapatkan hasil 70% dan termasuk dalam kategori kuat.