Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah STAI Auliaurrasyidin Tembilahan)
Abstract
Kemudahan yang ditawarkan e-commerce mengakibatkan jumlah
konsumsi yang dilakukan konsumen meningkat. Peningkatan ini
terjadi karena perubahan perilaku konsumen yang selalu ingin
melakukan konsumsi terhadap suatu produk untuk memperoleh
kepuasan tertinggi, khususnya pada mahasiwa yang ingin
menyesuaikan diri dengan kelompoknya, terpengaruh ingin memiliki
produk yang sama dengan temannya, atau untuk mengikuti tren yang
ada tanpa mempertimbangkan prinsip konsumsi muslim.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakahe-commerce
berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam perspektif ekonomi
syariah pada mahasiswa Ekonomi Syariah STAI Auliaurrasyidin
Tembilahan dan apakah e-commerce berpengaruh signifikanterhadap
perilaku konsumen dalam perspektif ekonomi syariah pada
mahasiswa Ekonomi Syariah STAI Auliaurrasyidin Tembilahan.
Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah
mahasiswa Ekonomi Syariah sedangkan objek penelitian ini adalah
perilaku konsumen pada mahasiswa Ekonomi Syariah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif karena hasil data yang
didapat merupakan kumpulan dari pada angka-angka.Menggunakan
metode regresi sederhana karena dalam penelitian ini peneliti hanya
menggunakan monosubjektif.Penelitian ini dilakukan terhadap
mahasiswa Ekonomi Syariah STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
dengan jumlah sampel 146 mahasiswa.Penelitian ini dilakukan
selama 3 bulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 9,927 dan
r hitung 0,406. Sehingga t hitung > t tabel yaitu 9,927> 1,976 dengan
signifikansi 0,000 berada dibawah 0,05 dan r hitung > r tabel yaitu
0,406> 0,1625. Hasil ini menunjukkan variabel e-commerce
memberikan pengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku
konsumen dalam perspektif Ekonomi Syariah.