Pengaruh Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Muslimah di Kecamatan Tembilahan
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena yang terjadi di era ini, khususnya
dikalangan wanita muslim yang sangat mementingkan masalah
fashion tetapi banyak diantaranya tidak mengetahui apa fungsi dari
pakaian yang dikenakannya dan bagaimana pakaian yang sudah diatur
oleh Islam, karena itu sebagai wanita muslim hendaknya mendekatkan
diri kepada Allah swt. Permasalahan dalam penelitian ini apakah ada
pengaruh religiusitas terhadap keputusan pembelian pakaian muslimah
di Kecamatan Tembilahan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh
religiusitas terhadap keputusan pembelian pakaian muslimah di
Kecamatan Tembilahan. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan
Tembilahan kab. Indragiri Hilir. Dalam penelitian ini yang menjadi
subjek penelitian adalah masyarakat (wanita muslim) yang berdomisili
di Kecamatan Tembilahan yang mengenakan pakaian muslimah,
sedangkan objek penelitiannya adalah tingkat religiusitas terhadap
keputusan pembelian pakaian muslimah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif survei karena hasil
data yang didapat merupakan kumpulan dari pada angka-angka.
Dengan menggunakan metode regresi linier sederhana dan penelitian
dilakukan selama 3 bulan.
Hasil dari regresi menunjukkan nilai thitung >ttabel dan nilai signifikansi
< 0,05(5%). Pada tabel IV.31 nilai thitung >ttabel yaitu 12,763>2,024 dan
sig. 0,000<0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Pada tabel
IV.32 kontribusi variabel religiusitas terhadap keputusan pembelian
pakaian muslimah dengan melihat hasil R Square variabel keputusan
pembelian sebesar 81,1%, sedangkan sisanya yaitu 18,9% dijelaskan
oleh faktor-faktor lain diluar dari pembahasan peneliti. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa religiusitas berpengaruh terhadap
keputusan pembelian pakaian muslimah