Pengaruh Persepsi Muzaki Terhadap Minat Membayar Zakat (Studi Kasus Badan Amil Zakat Nasional Kecamatan Tembilahan)
Abstract
Penelitian ini berawal dari Persepsi muzaki tentang zakat yang merupakan
hal yang penting dalam mempengaruhi minat membayar zakat, karena
persepsi tentang zakat yang luas akan memberikan pengaruh terhadap
minat muzaki membayar zakat. Penelitian ini difokuskan pada pengaruh
persepsi muzaki terhadap minat membayar zakat, yakni untuk mengkaji
seberapa besar pengaruh persepsi muzaki (variabel X) terhadap minat
membayar zakat (variabel Y).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara
persepsi muzaki terhadap minat membayar zakat di BAZNAS. Dalam
penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah muzaki BAZNAS
Tembilahan sedangkan objek penelitiannya adalah pengaruh persepsi
muzaki terhadap minat membayar zakat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif karena hasil data yang
didapat merupakan kumpulan dari pada angka-angka. Dengan
menggunakan metode regresi linier sederhana. Penelitian ini dilakukan
selama 3 bulan.
Hasil dari regresi menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu 9,666 > 2,068
dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi muzaki terhadap
minat membayar zakat pada BAZNAS Kecamatan Tembilahan.