Strategi Penjualan Ikan Kering di Pasar Terapung Tembilahan Dalam Perspektif Ekonomi Islam
Abstract
Persaingan dalam berdagang menjadi hal yang sulit untuk sebagian pedagang
untuk memajukan usahanya. Dalam mengambil langkah awal di perlukan
berberapa strategi pemasaran agar usaha tersebut bisa lebih maju. Tentunya rasa
berani dan percaya diri dalam berwirausaha harus lebih di tingkatkan mengingat
banyak sekali persaingan di pasar khusus nya. Selain itu kejujuran dalam
berdagang juga harus di terapkan karena kejujuran merupakan indikator penting
dalam penjualan. menurut pandangan perspektif ekonomi islam pedagang harus
mengatakan dengan jujur barang yang di jual nya serta kualitas barang tersebut.
Disini masih terlihat Pedagang masih ada yang belum menggunakan strategi
khusus dalam penjualan.
Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana Strategi Penjualan ikan kering
di Pasar Terapung Tembilahan dalam perspektif Ekonomi Islam dan Untuk
mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi strategi pemasaran pedagang ikan
kering di Pasar Terapung Tembilahan dalam perspektif islam. Subjek dalam
penelitian ini adalah pedagang Ikan kering dan di Tembilahan sedangkan Objek
dalam penelitian ini adalah Strategi Penjualan Ikan kering di Pasar Terapung
Tembilahan dalam Perspektif Ekonomi Islam.
Jenis Penelitian ini penelitian kualitatif Dengan menggunakan metode
pengumpulan datanya dengan cara wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan Hasil penelitian Bahwa Strategi penjualan ikan kering di pasar
terapug tembilahan di temukan masih ada berberapa pedagang yang menjual
dagangannya atau memasarkan dagangan nya dari mulut ke mulut. Karena hal ini
sangatlah membantu untuk memajukan dagangan. dalam berdagang pedagang
harus berprilaku jujur dan adil. Terlihat pedagang tidak boleh bohong dan kualitas
ikan yang di jual harus bagus supaya tidak merugikan si pembeli. Dapat
disimpulkan Hasil nya bahwa pedagang ikan kering sudah menggunakan strategi
pemasaran melalui promosi dari mulut ke mulut dan media sosial. Sebagian
pedagang Ikan Kering di Pasar Terapung Tembilahan sudah menggunakan Prinsip
Jual beli dalam Perspektif Ekonomi Islam