Implementasi Proses Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Baru Kecamatan Gaung
Abstract
untuk mencapai keunggulan masyarakat bangsa, dalam
penguasaan ilmu dan teknologi seperti yang digariskan dalam
haluan Negara. Dengan demikian, kurikulum 2013 diharapkan
dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang sedang
dihadapi oleh dunia pendidikan dewasa ini. Terutama dalam
memasuki era globalisasi yang penuh dengan berbagai macam
tantangan. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan
sebagai berikut: Bagaimanakah implementasi proses
pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 pada kelas IV, V, dan
VI di Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Baru Kecamatan Gaung?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimanakah implementasi proses pembelajaran berbasis
Kurikulum 2013 pada kelas IV, V, dan VI di Sekolah Dasar
Negeri 014 Sungai Baru Kecamatan Gaung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.
Sampel dalam penelitian ini adalah 3 orang guru kelas
di Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Baru Kecamatan
Gaung. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa
dengan menggunakan rumus persentase P = F
⁄N × 100%.
Hasil analisa data melalui observasi dan wawancara
dapat disimpulkan sebagai berikut: Implementasi proses
pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar
Negeri 014 Sungai Baru Kecamatan Gaung, mencapai kategori
“BAIK”.Berdasarkan data hasil wawancara baiknya
vii
implementasi proses pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 di
Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Baru Kecamatan Gaung,
karena: Guru telah melakukan kegiatan awal dalam
pembelajaran secara baik. Kegiatan inti, pembelajaran
telah dilaksankan dengan metode dan pendekatan yang
menarik dan variatif, sehingga keaktifan siswa dalam
proses pembelajaran cukup berkembang. Pada kegiatan
penutup guru telah pula memberikan evaluasi yang
relevan, dan mengajak siswa membuat kesimpulan.