Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di SDN 028 Pengalihan Kec. Keritang
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Dengan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di SDN Negeri 028 Pengalihan Kec, Keritang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kecerdasan emosional peserta didik di SD Negeri 028 Pengalihan dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Peserta didik dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi sekolah, guru, peserta didik dan penulis.
Lokasi penelitian ini adalah di SD Negeri 028 Pengalihan kec. Keritang dengan subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam yang ada di SD Negeri 028 Pengalihan. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kecerdasan emosional peserta didik di SD Negeri 028 Pengalihan. Populasi penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam yang ada di SD Negeri 028 Pengalihan yang berjumlah 1 orang. Metodelogi dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dari observasi menggunakan rumus persentase sedangkan data hasil wawancara menggunakan empat tahapan yaitu; Reduksi data, Kondensasi data, data disply, dan Penarikan kesimpulan.
Dari hasil analisa data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Peserta didik di SD Negeri 028 Pengalihan Kecamatan Keritang dengan angka persentase 63,49% dapat dikategori “Baik” kerana berada pada interval 61 % - 80 %. Namun masih terdapat kelemahan yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu lingkungan interal/hereditas, lingkungan masyakat ,dan lingkungan umum.