Studi Analisis Kemampuan Guru Akidah Akhlak Dalam Mendesain Media Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Sabilil Huda Sanglar Kecamatan Reteh
Abstract
Kemampuan diartikan sebagai sesuatu yang dimiliki
oleh individu untuk melakukan tugas atau pekerjaan yang
dibebankan kepadanya, maka kemampuan guru mengandung
arti kemampuan dalam melaksanakan kewajiban secara
bertanggung jawab dan layak atau kemampuan dan
kewenangan guru dalam melaksanakan profesi keguruan.
Desain adalah proses untuk menentukan kondisi
belajar. Media pembelajaran adalah seluruh alat dan
bahan yang dapat dipakai untuk mencapai tujuan
pendidikan seperti media visual, radio, televisi, buku,
Koran, majalah, dan sebagainya
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
studi analisis kemampuan guru akidah akhlak dalam
medesain media pembelajaran di madrasah ibtidaiyah
sabilil huda sanglar kecamatan reteh.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian
kuantitatif, dengan menggunakan teknik pengumpul data
berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh guru akidah akhlak
di Madrasah Ibtidaiyah Sabilil Huda Sanglar Kecamatan
Reteh. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik
analisis skala likert.
Hasil penelitian studi analisis kemampuan guru
akidah akhlak dalam medesain media pembelajaran di
madrasah ibtidaiyah sabilil huda sanglar kecamatan
reteh, tergolong baik karena angka terletak pada
interval 61%-80%. Hal ini dapat dilihat dari studi
analisis kemampuan guru akidah akhlak dalam mendesain
media pembelajaran.