Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar dalam Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 pada Kelas V SDN 032 Tembilahan Kota
Abstract
Keterampilan variasi mengajar dalam pembelajaran
online di masa pandemi Covid-19 merupakan suatu upaya
nyata yang dilakukan guru agar pembelajaran dapat
terlaksana secara efektif dan efisien walaupun proses
pembelajaran berlangsung secara online dimana suatu
pembelajaran tidak lepas dari penggunaan telepon
genggam, tablet, atau laptop berikut koneksi internet
yang dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari kegiatan
pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
keterampilan guru dalam mengadakan variasi mengajar dan
faktor yang mempengaruhinya pada kelas V SDN 032
Tembilahan Kota. Jenis penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif, dengan responden guru kelas V berjumlah 2
orang, teknik pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis
data menggunakan analisis interaktif model Milles dan
Hubberman yang mencakup: pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data dengan mencari persentasenya, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
keterampilan guru mengadakan variasi mengajar pada
pembelajaran online menggunakan Google Meet berada pada
interval 61%-80% yaitu 75% dan dikategorikan “Baik” hal
ini karena guru kelas sudah baik dalam memahami 10
aspek indikator dalam mengadakan variasi mengajar
adapun faktor yang mempengaruhi guru dalam mengadakan
variasi mengajar pada pembelajaran online yaitu faktor
internal meliputi kemampuan guru dan pengalaman yang
dimiliki guru dimasa pandemi, adapun faktor eksternal
meliputi sumber dan fasilitas yang tersedia, situasi
dan kondisi peserta didik, waktu yang tersedia, dan
media belajar yang guru gunakan selama masa pandemi.