Hubungan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 012 Kempas
Abstract
Pembelajaran daring merupakan suatu jenis belajar
mengajar yang mana proses tersampainya bahan ajar ke
siswa dengan menggunakan internet,pembelajaran online
merupakan inovasi pendidikan untuk menjawab tantangan
akan ketersediaan sumber belajar yang variatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan
Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar
Siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V di
Sekolah Dasar Negeri 012 Rumbai Jaya Kempas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Korelasi
dengan dua variabel. Penelitian ini menggunakan teknik
pengumpulan data angket, tes dan dokumentasi. Teknik yang
digunakan yaitu teknik sampling jenuh dimana semua
anggota populasi digunakan sebagai sampel. Populasi pada
penelitian yaitu seluruh siswa kelas VB yang berjumlah 27
orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan
pembelajaran daring siswa kelas V di SDN 012 kempas
berdasarkan analisis data angket diperoleh hasil 83,8%,
dan terletak pada rentang 80-100% sehingga dikategorikan
sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tes hasil belajar
diperoleh nilai rata-rata 77,22. Dan terletak pada
rentang 70-79% sehingga dikategorikan baik. Berdasarkan
hasil analisis korelasi diperoleh hasil 𝑟xy 0,5613 lebih
besar dari “r” table, maka hipotesis (Ha) di terima dan
hipotesis (H0) di tolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada
hubungan antara variabel (x) dan variabel (y) yaitu
“Hubungan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil
Belajar Siswa Kelas V SDN 012 Kempas”.