Implementasi Sistem Pembelajaran Luring Pada Pembelajaran Tematik di SD Negeri 001 Sungai Piring Kecamatan Batang Tuaka
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk
mewujudkan suasana belajar dan proses pembelaajran agar
peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian
diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta
keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan
negara. Pandemi Covid-19 merupakan musibah yang memilukan
seluruh penduduk bumi. Seluruh segmen kehidupan manusia
dibumi terganggu tanpa terkecuali pendidikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
implementasi sistem pembelajaran luring pada pembelajaran
tematik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SD Negeri 001
Sungai Piring Kecamatan Batang Tuaka. Data dalam penelitian
ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumnetasi. Selanjutnya data yang terkumpul
dianalisa dengan menggunakan rumus tabel distribusi
frekuensi relatif.
Hasil analisa data melalui observasi dan wawancara
dapat disimpulkan sebagai berikut: Implementasi sistem
pembelajaran luring pada pembelajaran tematik di SD Negegri
001 Sungai Piring, mencapai angka 76,67% dan di kategorikan
baik, karena angka 76,67% terletak pada interval 61-80.