Studi Konsep Pendidik dan Peserta Didik Pemikiran Abuddin Nata dan Zakiah Daradjat
Abstract
Dalam penelitian ini untuk mencari tau bagaimana
konsep pendidik dan peserta didik dan tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konsep
pendidik dan peserta didik pemikiran Abuddin Nata dan
Zakiah Daradjat.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan
(library research). Sumber data primernya buku Ilmu
Pendidikan Islam dan perspektif islam tentang Strategi
Pembelajaran karangan Abuddin Nata, buku Ilmu
Pendidikan Islam dan Metodik Khusus Pengajaran Agama
Islam karangan Zakiah Daradjat.
Sedangkan sekundernya adalah buku-buku yang ada
relevansinya dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan
datanya menggunakan dokumentasi dan analisis yang
digunakan adalah analisis isi (countent analysis).
Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa
pertama, konsep pendidik pemikiran Abuddin Nata adalah
seseorang yang berilmu pengetahuan dan berwawasan luas,
memiliki keterampilan, pengalaman, berkepribadian
mulia, memahami yang tersurat dan tersirat, menjadi
contoh dan model bagi peserta didik. Kedua, konsep
pendidik pemikiran Zakiah Daradjat adalah seorang
pendidik profesional yang mampu membina seluruh
kemampuan dan sikap yang baik dari peserta didik,
sebagai pengajar yang membimbing serta membina
perkembangan pengetahuan, sikap dan keterampilan.
Ketiga, konsep peserta didik pemikiran Abuddin Nata
adalah seseorang yang tidak hanya melibatkan anak-anak
tetapi juga orang dewasa, sementara anak didik hanya
dikhususkan bagi individu yang berusia kanak-kanak,
peserta didik juga adalah sebagai mitra dalam kegiatan
belajar mengajar. Dan keempat, konsep peserta didik
pemikiran Zakiah Daradjat adalah seorang pribadi yang
unik dan mempunyai potensi serta mengalami proses
berkembang, peserta didik juga adalah sebagai subjek
dan objek dalam interaksi belajar-mengajar, peserta
didik menerima pelajaran dan bimbingan dari pendidik.