Analisis Metode Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Swasta 024 Anwar Karim VIII PT. GIN Desa Tanjung Simpang
Abstract
Berdasarkan observasi Awal pada saat belajar hanya
ada beberapa siswa menanggapi namun pada saat tanya
jawab tanya jawab tidak ada siswa yang merespon dan
masih ada siswa yang belum mampu mengamati materi,
memahami materi dan memecahkan suatu permasalahan
secara kritis dalam pembelajaran.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui metode guru dalam meningkatkan kemampuan
berpikir kritis siswa di Sekolah Dasar Swasta 024 Anwar
Karim VIII PT. GIN Desa Tanjung Simpang dan apa saja
kendala-kendala dalam meningkatkan kemampuan berpikir
kritis siswa tersebut.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Adapun informan yang dipilih
dalam penelitian ini yaitu 5 orang guru Sekolah Dasar
Swasta 024 Anwar Karim VIII. Data dalam penelitian ini
dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara mendalam dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa
metode Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir
Kritis Siswa di Sekolah Dasar Swasta 024 Anwar Karim
VIII PT. GIN Dimana metode yang digunakan untuk
meningkatkan kemampuan berfikfir kritis siswa guru
menerapkan metode diskusi. Dan kendala-kendala yang
terjadi adalah kurang mampu mengatasi kemampuan siswa
yang berbeda-beda, masih bingung menentukan metode yang
tepat dalam pembelajaran agar kemampuan berpikir kritis
siswa meningkat, kurang memahami mengenai pengembangan
keterampilan berpikir kritis siswa, dan kurang
melakukan apersepsi.