Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di MTs Sa’adah El-Islamiyah Tembilahan
Abstract
Strategi guru dalam proses pembelajaran sangatlah penting dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Dengan harapan siswa mampu mencapai nilai sesuai dengan yang diinginkan dan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan pihak sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Guru Akidah Akhlak dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Sa’adah El-Islamiyah Tembilahan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru Akidah Akhlak kelas 7 dan 4 orang siswa yang berkesulitan belajar. Populasi dalam penelitian ini 1 orang guru Akidah Akhlak. Teknik Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi.
Hasil wawancara yang diperoleh dalam strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa diantaranya, guru mengoptimalkan program remedial terhadap siswa yang berkesulitan belajar, guru selalu memberikan contoh dan penguatan terhadap materi yang disampaikan. Sedangkan faktor penyebab kesulitan belajar siswa yaitu, siswa tidak memiliki kecerdasan seperti siswa-siswi lain. Kurangnya rasa percaya diri siswa Ketika mengikuti pembelajaran, dan faktor lingkungan kelas yang kondusif.