Kemampuan Guru Kelas Dalam Membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SD Negeri 004 Teluk Pinang Kecamatan Gaung Anak Serka
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas merupakan kegiatan
penelitian yang paling dekat dengan guru, karena Penelitian
Tindakan Kelas dilakukan dengan maksud untuk memperbaiki
proses pembelajaran yang dilakukan didalam kelas.
Permasalahan dalam melaksanakan kegiatan PTK sering berawal
dari keterbatasan waktu, kemampuan menulis laporan, dan
persyaratan saat mengikuti prosedur kenaikan pangkat.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui
bagaimana Kemampuan Guru Kelas Dalam Melakukan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) di SD Negeri 004 Teluk Pinang
Kecamatan Gaung Anak Serka dan Untuk mengetahui kendalakendala
yang mempegaruhi Kemampuan Guru Kelas Dalam
MelakukanPenelitian Tindakan Kelas (PTK) di SD Negeri 004
Teluk Pinang Kecamatan Gaung Anak Serka.
Subjek dalam penelitian ini dalah Kemampuan Guru
Kelas Dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SD
Negeri 004 Teluk Pinang Kecamatan Gaung Anak Serka.
Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah Guru
Kelas (PNS). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data
adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa Kemampuan
Guru Kelas Dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
di SD Negeri 004 Teluk Pinang Kecamatan Gaung Anak Serka
dengan persentase akhir 48,33% dengan kategori “Cukup”
karena berada pada Interval 41,60%.