Implementasi Pembelajaran E-Learning Oleh Guru di Madrasah Ibtidaiyah Sabilal Muhtadin Tembilahan Hulu
Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang dapat
dimanfaatkan sebagai media pembelajaran adalah
menggunakan e-learning. E-learning merupakan inovasi
yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran,
tidak hanya dalam penyampaian materi pembelajaran
tetapi juga perubahan dalam kemampuan berbagai
kompetensi peserta didik. Melalui e-learning, peserta
didik tidak hanya mendengarkan uraian materi dari
pendidik saja tetapi juga aktif mengamati, melakukan,
mendemonstrasikan, dan sebagainya. Permasalahan dalam
penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana
implementasi pembelajaran e-learning oleh guru di
Madrasah Ibtidaiyah Sabilal Muhtadin Tembilahan Hulu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
implementasi pembelajaran e-learning oleh guru di
Madrasah Ibtidaiyah Sabilal Muhtadin Tembilahan Hulu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah 1 orang guru di
Madrasah Ibtidaiyah Sabilal Muhtadin Tembilahan Hulu.
Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan teknik observasi dan dokumentasi.
Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa dengan
menggunakan rumus persentase P = F
⁄N × 100%.
Hasil penelitian berdasarkan data hasil observasi
secara keseluruhan dapat dianalisa bahwa Implementasi
pembelajaran e-learning oleh guru di Madrasah
Ibtidaiyah Sabilal Muhtadin Tembilahan Hulu, mencapai
angka 91,67% dan dikategorikan sangat baik, karena
terletak pada interval 81%-100%.