Efektivitas Penerapan Metode Diskusi Kelompok Siswa Oleh Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Sungai Salak Kecamatan Tempuling
Abstract
Permasalahan terjadi karena guru yang kurang
membimbing siswa dalam diskusi dapat dilihat pada saat
pelajaran berlangsung hanya sedikit siswa yang aktif
dalam diskusi, guru kurang terampil dalam menerapkan
metode diskusi dapat dilihat saat pelajaran berlangsung
siswa terlihat tidak bersemangat mengikuti diskusi.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan
efektivitas penerapan metode diskusi kelompok siswa
oleh guru mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah
Aliyah Nurul Hidayah Sungai Salak Kecamatan Tempuling
dan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan dari
efektivitas penerapan metode diskusi kelompok siswa
oleh guru mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah
Aliyah Nurul Hidayah Sungai Salak Kecamatan Tempuling.
Jenis penelitian yang digunakan deskriptif
kualitatif, populasi dalam penelitian ini sebanyak 2
guru Aqidah Akhlak. Tekhnik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Tekhnik analisa data menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian menunjukkan hasil yang “Baik”
hal ini didapat dari persentase 78% karena terletak
pada interval 61%-80%. Dilihat dari guru menetapkan
masalah yang akan dibahas, guru mempersiapkan segala
sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaan diskusi,
guru memberikan pengarahan sebelum dilaksanakan
diskusi, guru melakukan review jalannya diskusi dengan
meminta pendapat dari seluruh peserta sebagai umpan
balik untuk perbaikan selanjutnnya. Adapun Kelebihan
metode diskusi dapat membuat siswa lebih aktif,
melibatkan semua siswa secara langsung, dapat
mengembangkan sikap menghargai pendapat orang lain,
dapat mengembangkan kemampuan sosial peserta didik.
kelemahan metode diskusi sering dikuasai oleh siswa
yang memiliki keterampilan berbicara saja, siswa
mendapat informasi yang terbatas, sering terjadi
pembicaraan yang menyimpang, sering terjadi perbedaan
pendapat yang bersifat menjatuhkan kelompok lain.