Efektivitas Guru dalam Menggunakan Media Visual Pada Pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Sungai Lokan Kecamatan Enok
Abstract
Media pembelajaran pada hakikatnya merupakan
penyalur pesan-pesan pembelajaran yang disampaikan oleh
sumber pesan (guru) kepada penerima pesan (siswa) dengan
maksud agar pesan tersebut dapat diserapkan dengan cepat
dan tepat sesuai dengan tujuan. Permasalahan dalam
pemelitian ini adalah: Bagaimana efektivitas guru dalam
menggunakan media visual pada pembelajaran Fiqih di
Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Sungai Lokan Kecamatan
Enok?dan Apa faktor-faktor yang mempengaruhi?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
efektivitas guru dalam menggunakan media visual pada
pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman
Sungai Lokan Kecamatan Enok? dan faktor-faktor yang
mempengaruhi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah 1 orang guru mata
pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Sungai
Lokan Kecamatan Enok. Data dalam penelitian ini
dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang
terkumpul dianalisa denganmenggunakan rumus Persentase
P = 𝐹
⁄𝑁 X 100%
Hasil Analisa data dapat dikumpulkan bahwa:
Efektivitas guru dalam menggunakan media visual pada
pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman
Sungai Lokan Kecamatan Enok, mancapai angka 69,14% dan
dikategorikan baik, karena terletak pada interval 61%-
80%. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas guru
dalam menggunakan media visual pada pembelajaran Fiqih
di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Sungai Lokan Kecamatan
Enok, adalah sebagai berikut: Ketersediaan media
visual. Motivasi belajar siswa. Cara guru menyampaikan
materi pelajaran.