Penerapan Media Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tematik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Rasyid Belantaraya
Abstract
Hasil angket awal dilapang bahwa minat
belajar siswa kurang, ini di tandai dengan siswa
malas membaca seperti pada saat disuruh membaca
teks guru harus menunjuk agar siswa membaca,
Kemudian pada saat guru menjelaskan materi
terlihat siswa tidak memperhatikan, Ketika selesai
menjelaskan guru bertanya kepada siswa terlihat
siswa tidak merespon pertanyaan guru. Ketika guru
memberikan tugas terlihat siswa menunda
mengerjakan tugas.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan
media animasi dapat meningkatkan minat belajar
siswa pada mata pelajaran tematik kelas V di
Madrasah Ibtidaiyah Al -Rasyid Belantaranya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas partisispan. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 25
orang. sedangkan objek dalam penelitian ini yaitu
media animasi dan minat belajar siswa. Data
penelitian ini dikumpulkan melalui teknik angket,
Observasi, catatan lapangan, dan Dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan
setelah penetapan media animasi dapat diketahui
kondisi awal 40% termasuk kategori "kurang".
Setelah menerapkan media animasi minat belajar
siswa meningkat menjadi 63,33% termasuk kategori
“kuat” angka peningkatan dari pra siklus ke siklus
I sebanyak (23,33%). Kemudian dilanjutkan ke
siklus II meningkat menjadi 77% termasuk kategori
"kuat” angka peningkatan dari siklus I ke siklus
II sebanyak (13,67%)
Jadi dapat disimpulkan setelah penerapan
media animasi untuk meningkatkan minat belajar
siswa pada mata pelajaran tematik kelas V di
Madrasah Ibtidaiyah Al-Rasyid Belantaraya.