Gaya Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Sa’adah El-Islamiyah Tembilahan
Abstract
Gaya kepemimpinan visioner kepala sekolah sangat
berpengaruh pada pencapaian tujuan sekolah yang telah
direncanakan, termasuk didalamnya adalah bagaimana
meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut. Kepala
sekolah memiliki tanggungjawab secara menyeluruh terhadap
segala sesuatu yang terjadi di sekolah terutama dalam
meningkatkan mutu pendidikan, sehingga dapat mencapai target
sesuai dengan visi misi sekolah
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
gaya kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam meningkatkan
mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Sa‟adah El-Islamiyah
Tembilahan.
Jenis penelitian yang digunakan deskriptif
kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala
Madrasah Ibtidaiyah Sa‟adah El-Islamiyah Tembilahan. Data
dalam penelitian ini dukumpulkan dengan menggunakan teknik
angket, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang
dikumpul dianalisa dengan menggunakan rumus persentase yakni
.
Hasil dari penelitian ini adalah Gaya Kepemimpinan
Visioner Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan
di Madrasah Ibtidaiyah Sa‟adah El-Islamiyah Tembilahan
dikategorikan Baik, mencapai angka 78,01% karena terletak
pada interval 61%-80%.
Berdasarkan penelitian yang telah di lakukan dapat
disimpulkan bahwa: Kepala sekolah berpegang erat pada nilainilai
spiritual yang diyakini, kepala sekolah memiliki visi
yang mampu memberikan inspirasi dalam bentuk kemampuan
mewujudkan visi yang telah ditetapkan sekolah, kepala
1209.17.08087
FINAL
21
sekolah menghormati hubungan baik pada siapapun dalam bentuk
kepedulian kepada orang lain, kepala sekolah berani
mengambil langkah untuk menciptakan sesuatu yang inovatif,
kepala sekolah memiliki wawasan ke masa depan bertindak
sebagai motivator,kepala sekolah mampu menggalang orang lain
untuk kerja keras dalam menggapai tujuan.