Strategi Siswa dalam meningkatkan kemampuan Self Regulated Learning di Madrasah Aliyah Abbasiyah Teluk Pinang Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS)
Abstract
Strategi self regulated learning merupakan kemampuan
untuk menimbulkan dan mengendalikan serta mengontrol
sendiri pikiran, perasaan dan perilaku untuk mencapai
suatu tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajarannya.
Adapun permasalahan dalam penelitian ini yakni kurangnya
evaluasi diri pada siswa setelah selesai mengerjakan
tugas, sering berprasangka negatif terhadap dirinya,
serta sebagian siswa masih cendrung memiliki
ketergantungan yang berlebihan terhadap gurunya.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk
mengetahui kualitas strategi yang digunakan siswa dalam
meningkatkan kemampuan self regulated learning serta
untuk mengetahui strategi yang digunakan siswa dalam
meningkatkan kemampuan self regulated learning pada
Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Abbasiyah Teluk
Pinang Kecamatan Gaung Anak Serka.
Adapun jenis penelitian yang digunakan yakni
penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Madrasah
Aliyah Abbasiyah Teluk Pinang yang berjumlah 58 siswa.
Kemudian data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan tehnik angket, wawancara dan dokumentasi.
Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa dengan
menggunakan rumus presentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian siswa
menggunakan strategi self regulated learning untuk
meningkatkan kemampuan belajarnya. Hal ini dapat dilihat
dari presentase dalam penelitian yang menunjukkan angka
71,68% yang berarti baik karena berada pada interval 61-
80%. Adapun strategi yang digunakan yakni seeking
information, rehearsing and memorizing, dan reviewing
records.