Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Metode Pemberian Tugas (Reistasi) Pada Mata Pelajaran Fiqh Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Indragiri Hilir
Abstract
Persepsi merupakan suatu penilaian yang diterima
oleh panca indera terhadap stimulus yang diterima di
lingkungan sekitar.
Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana
persepsi siswa terhadap pelaksanaan metode pemberian
tugas (resitasi)pada mata pelajaran fiqh.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan pendekatan survey. Adapun subjek pada penelitian
ini yaitu Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah
Negeri 2 Indragiri Hilir. Sedangkan objek dari
penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap
pelaksanaan metode pemberian tugas (resitasi) pada mata
pelajaran fiqh kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri
2 Indragiri Hilir. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa data
menggunkan rumus Persentase dan rumus mean (rata-rata).
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Persepsi
siswa terhadap pelaksanaan metode pemberian tugas
(resitasi) pada mata pelajaran fiqh di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 2 Indragiri Hilir mendapatkan
kategori “Baik” dengan nilai rata-rata 80%. Sedangkan
rata-rata pada setiap indikator persepsi yaitu Aspek
koginif mendapat nilai 3,33, Afektif 3,12, dan Konatif
mendapatkan rata-rata 3,36.
Hasil analisa data menunjukkan bahwa persepsi
siswa terhadap pelaksanaan metode pemberian tugas
(resitasi) dikategorikan “baik”, dan siswa kelas VIII
menyatakan kesetujuan pada pelaksanaan metode pemberian
tugas (resitasi) pada mata pelajaran fiqh di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 2 Indragiri Hilir.