Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis Portofolio Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gaung Anak Serka
Abstract
Penilaian portofolio secara umum adalah penilaian
portofolio yang berupa kumpulan hasil karya atau
catatan mengenai peserta didik yang di dokumentasikan
secara baik dan teratur.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui penilaian hasil belajar siswa berbasis
portofolio pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gaung Anak Serka
dan apa saja hambatan-hambatan dalam proses penilaian
tersebut.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Adapun populasi dalam penelitian
ini adalah guru Pendidikan Agama Islam kelas VII di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gaung Anak Serka yang
berjumlah 1 orang yang disebut dengan penelitian
populasi. Data penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan teknik Dokumentasi dan Wawancara.
Selanjutnya data terkumpul dianalisa secara kualitatif
melalui model Miles dan Huberman yakni data reduction,
display, dan conclusion drawing/verification dan di
persentasekan lalu di tafsirkan dalam bentuk kalimat.
Hasil penelitian penilaian hasil belajar siswa
berbasis portofolio pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gaung
Anak Serka dan hasil aspek yang dimiliki guru mempunyai
jawaban “YA” dan dapat di katakan baik.
Sedangkan hambatan pertama guru membutuhkan waktu
yang cukup lama dalam melalukan penilaian, dan kedua
guru kewalahan dalam mengatasi siswa yang tidak tepat
waktu atau melalaikan dalam mengumpulkan tugas.