Penerapan strategi pembelajaran crossword Puzzle terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 035 Tembilahan Hilir kecamatan Tembilahan
Abstract
Penggunaan strategi pembelajaran yang masih
berpusat pada guru dan kurang memanfaatkan strategi
yang lebih interaktif membuat tingkat pemahaman peserta
didik terhadap materi pelajaran masih belum optimal.
Siswa kurang tertarik dan kurang berperan aktif dalam
proses pembelajaran sehingga hasil belajar belum
optimal. Sebagian murid belum memenuhi kriteria
ketuntasan minimal(KKM) Yaitu 70.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil
belajar siswa kelas VB setelah diterapkan strategi
pembelajaran crossword puzzle di Sekolah Dasar Negeri
035 Tembilahan hilir kecamatan tembilahan.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen
menggunakan desain penelitian true eksperimental design
dalam bentuk posttest-only control design. Subjek yang
diteliti adalah siswa, Adapun objeknya adalah penerapan
strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil
belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa yang berjumlah 56 siswa. Sampel dalam penelitian
ini dikelompokkan menjadi dua kelompok, siswa kelas VA
yang berjumlah 28 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas
VB yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen.
Dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen
sebesar 92,857 dan kelas control 78,214. Rata-rata hasil
belajar siswa kelas eksperimen lebih besar daripada
kelas Kontrol.Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung
= 2,902 dan ttabel = 2,004 maka diperoleh thitung > ttabel
atau 2.902 > 2,004. Maka HO ditolak dan HI diterima.
Dapat disimpulkan bahwa thitung signifikan dan
strategi pembelajaran crossword puzzle berpengaruh
terhadap hasil belajar.