Show simple item record

dc.contributor.advisorNapratilora, Martina
dc.contributor.authorSarni, Sarni
dc.date.accessioned2023-02-24T03:29:30Z
dc.date.available2023-02-24T03:29:30Z
dc.date.issued2023-02-24
dc.identifier.urihttps://repository.stai-tbh.ac.id/handle/123456789/423
dc.description.abstractKesulitan belajar matematika siswa dikatakan sebagai suatu kondisi dalam pembelajaran yang ditandai dengan adanya hambatan-hambatan tertentu dalam mencapai hasil belajar matematika sesuai potensi atau kemampuan yang dimiliki siswa. Seperti masih ada siswa yang belum paham terkait dengan penjumlahan dan pengurangan, sebagian siswa sering salah menentukan jumlah penjumlahan dan pengurangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika kelas IV di SDN 011 Desa Pebenaan Kecamatan Keritang dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 011 Desa Pebenaan Kecamatan Keritang. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan dan skunder, dan responden penelitian ini adalah guru kelas IV Sekolah Dasar Negeri 011 Desa Pebenaan Kecamatan Keritang. Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumnentasi. Selanjutnya data observasi dipresentasikan dengan rumus F = 100% dan data wawancara menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 011 Pebenaan Kecamatan Keritang menunjukan nilai 66 % dan dikategorikan “baik”, karena terletak pada interval 61%- 80%. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika yaitu: faktor eksternal yang terdiri dari, lingkungan masyarakat, orang tua dan faktor internal dari faktor siswa dan guru.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherSTAI Auliaurrasyidin Tembilahanid_ID
dc.relation.ispartofseriesSarni Skripsi;1209.17.0820
dc.subjectResearch Subject Categories::SOCIAL SCIENCES::Social sciences::Educationid_ID
dc.titleUpaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di SD Negeri 011 Desa Pebenaan Kecamatan Keritangid_ID
dc.typeThesisid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record