Penerapan Metode Tartil Al-qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Fastabiqul Khairat Tembilahan
Abstract
Al-Qur’an merupakan wahyu ilahi yang menjadi pedoman
bagi siapa yang mempercayai serta mengamalkannya.
Kemampuan membaca merupakan hal yang terpenting bagi
kehidupan di era sekarang ini terutama dalam membaca Al-
Qur’an. Metode tartil merupakan cara membaca Al-Qur’an
dengan cara pelan dan perlahan serta mengucapkan hurufhuruf
dan makhrajnya dengan tepat. Oleh karena itu santri
haruslah diberikan pemahaman serta dibiasakan untuk
membaca Al-Qur’an sejak dini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
mendeskripsikan penerapan metode tartil di Taman
Pendidikan Al-Qur’an Fatabiqul Khairat.
Jenis penelitian ini yakni kualitatif deskriptif,
adapun subjek yang diteliti adalah santri TPQ Fastabiqul
Khairat kelas Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data
penelitian ini menggunakan Observasi , wawancara dan
dokumentasi. teknik analisa data menggunakan rumus
persentase. Penerapan metode tartil di Taman Pendidikan
Al-Qur’an Fastabiqul Khairat Tembilahan berada di angka
70% dan masuk dikategori ”Baik” karena berada di interval
61%-80%.
Faktor - Faktor yang mempengaruhi adalah bahwa
Materi tambahan disampaikan pada anak disaat waktu
pembelajaran berlebih mengingat waktu pembelajaran
singkat, Metode Tartil dilaksanakan setiap hari sabtu
dan ahad,yang diperlukan guru dalam pembelajaran Metode
tartil ialah buku ajar, waktu dan kesabaran dalam
mendidik santri. Untuk mengukur Keberhasilan metode
Tartil dilihat pada saat santri tersebut membaca Al-
Qur’an menghadap guru/Pengajar.