Implementasi Pendekatan Saintifik Oleh Guru Kelas dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Ulama II Tembilahan
Abstract
Pendekatan saintifik dalam pembelajaran guru harus
menciptakan pembelajaran aktif melalui kegiatan
mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ mencoba,
mengasosiasi/ menalar/ mengolah informasi, serta
menyajikan/mengomnikasikan terkait dengan materi yang
disampaikan dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah
dalam penelitian adalah bagaimana implementasi pendekatan
saintifik oleh guru kelas dalam pembelajaran tematik
terpadu di Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama II
Tembilahan, apa faktor-faktor yang mempengaruhi
implementasi pendekatan saintifik oleh guru kelas dalam
pembelajaran tematik terpadu di Madrasah Ibtidaiyah
Nahdhatul Ulama II Tembilahan.
Jenis penelitian yang digunakan deskriftif
kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 6 orang
guru kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket dan wawancara. Adapun teknik analisa
data menggunakan rumus persentase yakni P =
F
N
X 100%.
Berdasarkan hasil angket yang telah dilakukan dengan
menggunakan rumus persentase mencapai angka 79,72% dan
dikategori “Baik” karena berada pada interval 61-80%. Hal
ini karena dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai
berikut: Guru kelas telah melaksanakan pendekatan
saintifik dalam satiap pembelajaran. Guru kelas telah
melaksanakan kegiatan mengamati dengan cara memberikan
tugas kepada siswa. Guru kelas telah memberikan
pertanyaan-pertanyaan kepada siswa pada saat kegiatan
proses belajar mengajar berlangsung sebelum melanjutkan
ke materi selanjutnya.